Damn !I Love Indonesia

30 Januari 2019

Tips Membuat Konten untuk Marketing Plan 2019

BY Nunung Indrianto IN , , , No comments

Sudahkah Anda menyiapkan konten untuk perencanaan marketing bisnis Anda?
Jika belum, mumpung masih di bulan Januari, sebaiknya segera Anda susun konten Anda. Kecuali Anda sebagai pemilik bisnis, Anda bisa saja hire seorang Content Creator yang akan bisa menyiapkan dan segera me-running program-program Marketing Anda. Tetapi tidak ada salahnya Anda pun harus mengetahui bagaimana sih menyiapkan sebuah konsep Konten untuk Marketing Bisnis Anda.

Nah, jika Anda harus lakukan sendiri namun masih bingung bagaimana memulai dan menyusun struktur Konten untuk Marketing Plan bisnis Anda, kami coba bantu membuka wawasan Anda.
Cobalah membuat satu set pertanyaan untuk calon konsumen Anda yang nantinya dapat membantu Anda menemukan Ide membuat konten yang menarik dan tepat sasaran.

Jika itu juga Anda belum bisa melakukan, segera refreshing sambil membuat riset  kecil-kecilan saja. Anda bisa silaturahmi, main berkunjung sambil ngopi bareng dengan partner bisnis Anda, atau dengan salah satu atau salah dua :) pelanggan Anda, atau bisa juga dengan rekan supplier. Tanyakan, apa yang menjadi masukan mereka untuk kita, apa yang mereka inginkan dari jasa/produk kita. Anda pun bisa mencari ide lewat browsing atau pergi ke perpustakaan atau toko buku. Baca saja beberapa artikel atau buku tentang ide-ide marketing kreatif. Hingga Anda bisa menuliskan pada secarik kertas.

Apa saja yang bisa ditulis dalam rangka menemukan ide membuat konten untuk Marketing Program Anda? Berikut ini bisa Anda lakukan :

1. Siapa audien / calon konsumen utama Anda?
Ini lumayan banyak yang mengabaikan. Tentang siapa sebenanrnya target utama bisnis Anda. Berpuluh postingan, gambar ataupun video sudah dipublish, tetapi kita lupa menargetkan tujuan audien utama siapa. Padahal kalau mau sedikit rileks, kita bisa pelan-pelan dan jujur saja, kita tentukan konsumen utama kita berdasarkan demografik seperti umur, jenis kelamin, lokasi tinggal hingga kisaran pendapatannya. Mungkin tidak bisa kita tentukan satu kelompok saja, tetapi paling tidak kita punya skala prioritas dari 2 atau 3 kategori kelompok konsumen bisnis kita. Dengan begitu, kita akan mudah menentukan model komunikasi seperti apa yang akan kita gunakan di dalam konten marketing plan kita.

2. Cari tahu apa yang konsumen inginkan dari Anda
Terdapat banyak sekali artikel, pendapat dan segala macam informasi dari sesama pebisnis seperti kita di luar sana. Oleh karena itu, Anda musti bisa menentukan secara spesifik, harus menjadi seperti Apa Anda, sesuai dengan keinginan konsumen utama bisnis Anda. Lebih penting lagi, posisikan Anda dan bisnis Anda sebagai sesuatu yang berbeda dari pesaing Anda, APA YANG MEMBUAT KITA LEBIH BAIK DARI PESAING KITA?
Untuk hal ini, kita memang butuh sedikit atau banyak waktu lagi untuk riset mendalam dan bisa jadi Anda harus mengalami fase trial and error. Begitu pentingnya identitas kita di bisnis, maka jangan sampai point ini dilewatkan.

3. Carilah topik atau tema yang spesifik/khusus untuk Konten Marketing Anda.
Setelah menemukan Identitas Bisnis Anda, maka saatnya Anda menjawab apa yang diinginkan konsumen Anda. Tidak perlu terlalu banyak, atau terlalu melangit. Yang nyata dan benar-benar tertarget saja. Diskusikan saja dengan rekan bisnis atau tim Anda. Judul besar apa yang akan kita tawarkan ke konsumen. Bila perlu bikin list atau daftar topik, hingga kita temukan apa nih point utama-nya. Kadang-kadang kita akan menemukan lebih dari satu kategori dari daftar topik tersebut. Tidak masalah, Anda bisa bikin skedul untuk konten di periode-periode mendatang. Misalka-n ada pergatian topik setiap bulannya, atau tiap 3-4 bulan. Atau, bisa juga bulan-bulan yang berikutnya diposting topik yang lebih mendalam lagi. Banyak sekali cara mengakali ide-ide topik yang banyak tersebut.

4. Format dan Channel media sosial apa yang akan Anda gunakan?
Ada beberapa macam format konten yang bisa kita share ke calon konsumen. Yang paling umum adalah artikel (teks), gambar dan video. Untuk format lain bisa audio podcast atau bentuk lain. Untuk artikel Anda bisa gunakan channel Blog atau website, Facebook. Bisa juga ke LinkedIn atau media lain. Sedangkan untuk gambar bisa gunakan channel Instagram atau Pinterest. Yang terakhir, Youtube adalah channel paling menarik, jika Anda lebih fokus kepada konten berformat video. Disamping Instagram dan Facebook juga bisa Anda gunakan.

5. Bentuk tim yang bertanggungjawab pada Pembuatan, Publishing dan Distribusi/Share
Adalah sebuah keharusan Anda memiliki satu tim yang solid dan berenergi ambisius untuk mewujudkan goal marketing Anda. Karena itu, Anda tidak mungkin bekerja sendiri. Akan ada sebuah organisasi kecil yang Anda bentuk, yang terdiri dari : Content Developer/Creator, Editor, Publisher dan Distributing Person (Share)
Jika pun perusahaan Anda masih skala kecil dengan dana terbatas, Anda bisa gunakan freelancer/ tenaga lepas yang bisa Anda bayar per project atau bisa hubungi orang-orang seperti saya ini hehe. Ada banyak para pemain yang menjual Jasa Digital Marketing dengan biaya lumayan hemat. Tentu relatif murah dibanding Anda harus menghire dan menggaji seorang profesional secara bulanan.

6. Monitor dan Evaluasi
Anda harus selalu memonitor dan memantau semua aktivitas konten Marketing Plan Anda ini. Anda harus punya (bersama tim Anda tentunya) sebuah ukuran parameter keberhasilan dari tiap project Anda. Bikin satu periode project tertentu, dan buatlah evaluasi, apakah target sudah tercapai atau belum. Jangan lupa ajak Jalan-jalan refreshing tim Anda biar tidak jenuh. Bila ajaklah Umroh Paket Hemat bulan Ramadhan nanti, Hehehe.

Jadi, itulah sekelumit apa-apa yang Anda harus siapkan untuk Konten Marketing Plan 2019 ini. Semoga bisnis Anda semakin maju, sukses dan berkah ya bosss.... Aamiiin. :)


Nunung Indrianto, ST
Penulis adalah seorang pekerja IT di Jakarta, lebih 10 tahun berkecimpung di bidang Internet Marketing, Website Development dan Optimization.

0 comments:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !